Tuesday, December 8, 2020

Pelayanan Kesehatan di RST dr. Soedjono Magelang

 

Pengalaman Melakukan Pelayanan Kesehatan di

RST dr. Soedjono Magelang


A.    Gambaran Umum Rumah Sakit

1.      Nama Rumah Sakit : RST dr. Soedjono Magelang

2.      Alamat : Jl. Urip Sumoharjo No.48, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah

3.      Kode Pos : 51253

4.      Telepon : (0293) 363061

B.     Ruang Lingkup

1. Latar Belakang Sejarah Rumah Sakit

                        Rumkit Tk II dr. Soedjono ddidirikan tahun 1917 oleh pemerintah Belanda sebagai rumah sakit militer yang dipimpin oleh seorang dokter Belanda. Selain merawat penderita Belanda, rumah sakit ini juga melayani masyarakat umum dengan membawa pengantar dari aparat desa. Pada awal tahun 1942, yaitu masa penjajahan Jepang, rumah sakit berada dalam kekuasaan Jepang dan hanya khusu merawat tentara Jepang.

                        Pada tahun 1945, setelah Jepang menyerah, rumah sakit ini berubah menjadi rumah sakit PMI dan sejak 1 Januari 1947 rumah sakit PMI berubah menjadi RSU Wates Magelang. Pada tanggal 1 Maret 1948 RSU Wates diserahterimakan dari pemerintah kepada DKT Divisi III dan diganti namanya menjadi Rumah Sakit Tentara III yang dipimpin oleh Kolonel dr. Soetomo yang kemudian pada tanggal 1 November 1974, nama rumah sakit diganti menjadi Rumah Sakit dr. Soedjono. Nama ini diambil untuk mengabadikan nama Letkol dr. Soedjono, seorang dokter Brigade Kuda Putih yang gugur ditembak oleh Belanda di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

2. Pelayanan

·         Perawatan Rawat Jalan

1.      Klinik Gigi dan Mulut

2.      Klinik Penyakit Dalam

3.      Klinik Bedah Umum

4.      Klinik Bedah Orthopedi

5.      Klinik Bedah Saraf

6.      Klinik Bedah Urologi

7.      Klinik Bedah Onkologi

8.      Klinik Anak

9.      Klinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan

10.  Klinik Kulit dan Kelamin

11.  Klinik Paru

12.  Klinik Mata

13.  Klinik THT

14.  Klinik Syaraf

15.  Klinik Jiwa

16.  Klinik Rehabilitasi Medik

17.  Klinik Haemodialisa

18.  Klinik Jantung dan Pembuluh Darah

19.  Klinik Psikologi

20.  Klinik Eksekutif

21.  Klinik Gizi

22.  Klinik Geriatri

23.  Klinik Reumatologi

24.  Klinik Kemoterapi

25.  Klinik TB DOT

26.  Klinik VCT

27.  Klinik Medical Check Up

28.  Endoskopi

29.  Bronkoskopi

30.  Spirometri

31.  Treadmil

·         Perawatan Penunjang Medik

Fasilitas penunjang medis Rumkit Tk.II 04.05.01 dr. Soedjono Magelang meliputi :

1.      Laboratorium dan Laboratorium Patologi Klinik

2.      Radiologi

3.      Spirometry

4.      USG

5.      EKG

6.      CT Scan

7.      Tread mill

8.      Endoscopi

9.      Hemodialisa

10.  Fisiotherapi

11.  Instalasi Farmasi

12.  Penunjang Umum (Instalasi Gizi, Loundry, Pemulasaran Jenazah)

13.  UGD 24 jam

C.     Kegiatan PKL Mahasiswa

1. Melakukan Pelayanan Pada Pendaftaran dan Administrasi

        Kegiatan ini dilakukan untuk membantu dalam menginput data rekam medis dan menirima pasien yang akan berobat. Selain itu dilakukan komunikasi teraupetik pada pasien setelha dilakukan tindakan pada pasien. 

2. Melakukan Tindakan Dental Asisten

        Sebagai Dental Therapis harus menguasi dalam tindakan asisten keperawatan gigi, maka dari kegiatan pkl ini, mahasiswa melakukan dental asisten dengan berbagai macam tindakan.

3. Melakukan Penyuluhan di Poli Gigi dan Ruang Rawat Inap

        Penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut dilakukan pada pasien poli gigi dan pasien rawat inap. Sebagian besar pasien yang sedang sakit kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya maka penyuluhan ini menjadi penting dan sangat bermanfaat bagi pasien

4. Melakukan Tindakan Scaling

        Melakukan tindakan scalling kepada pasien yang diawasi langsung oleh dokter dan perawat gigi pendamping, sehingga pasien merasa nyaman dan puas terhadap tindakan yang diberikan mahasiswa



5. CSSD

        Tindakan pada saat di ruang CSSD yaitu melakukan sterilisasi alat dan mempersiapkan semua alat agar siap dipakai saat akan digunakan operasi atau tindakan lain.



Kegiatan Pelayanan yang dilakukan sangatlah baik. Sehingga memuaskan pasien

No comments:

Post a Comment